Upaya Peningkatan Hasil Belajar dengan Metode Discovery melalui Media Gambar pada Pembelajaran IPS Ekonomi

Main Article Content

M. Saipul Watoni

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Upaya Peningkatan Hasil Belajar dengan Metode Discovery melalui Media Gambar pada Pembelajaran IPS Ekonomi Kelas X MA NW Keruak Tahun Pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X MA NW Keruak yang keseluruhan berjumlah 94 siswa. Sampel dalam penelitian ini yaitu pada kelas X-1 sebagai kelompok kontrol dan kelas X-2 sebagai kelompok Eksperimen yang diperoleh secara probability sampling untuk mengukur tingkat pemahaman siswa dengan menggunakan instrumen yang berupa test terdiri dari 30 butir soal. Analisis data menggunakan uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Ha diterima yaitu terdapat keefektifan yang signifikan peningkatan hasil belajar dengan menggunakan metode discovery melalui media gambar pada pembelajaran IPS Ekonomi kelas X MA NW Keruak. Nilai rata-rata hasil belajar pada kelompok kontrol 39,99 dan standar deviasi 5,56 untuk pree tes sedangkan untuk post test rata-rata 58,33 dan standat deviasi 5 sedangkan kelompok eksperimen rata-rata 48,33 dan standar deviasi 8,33 untuk pree test sedangkan untuk post test rata-rata 81,66 dan standat deviasi 5.Dari hasil pengolahan data dengan menggunakan rumus uji t ternyata diperoleh harga hitung 2,84 pada taraf signifikan 5% dan daya beda 31 diperoleh t tabel 1,67 sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan metode discovery melalui media gambar lebih baik dari hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan metode ceramah pada pembelajaran IPS Ekonomi siswa kelas X MA NW Keruak Tahun pelajaran 2015/2016.

Keywords:
Hasil Belajar, Metode Discovery, Media Gambar

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Watoni, M. S. (2015). Upaya Peningkatan Hasil Belajar dengan Metode Discovery melalui Media Gambar pada Pembelajaran IPS Ekonomi. PALAPA, 3(2), 94-112. https://doi.org/10.36088/palapa.v3i2.759
Section
Articles