Penggunaan Model Pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) dengan Pendekatan Pembelajaran Kontekstual

Main Article Content

Lalu A. Hery Qusyairi -
M. Saipul Watoni -

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) dengan pendekatan kontekstual terhadap prestasi belajar siswa kelas V SDN 5 Selebung Ketangga tahun pelajaran 2016 / 2017. Jenis penelitian ini menggunakan kuasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas V SDN 5 Selebung Ketangga tahun pelajaran 2016 / 2017. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik simple random sampling. Kelas VB sebagai kelas eksperimen, sedangkan kelas VA sebagai kelas kontrol. Design penelitian yang digunakan adalah post-test only control design. Tekhnik pengumpulan data menggunakan tes prestasi belajar. Data dianalisis menggunakan uji-t dua pihak dengan metode polled varian. Hasil analisis data menunjukkan bahwa t hitung > t tabel yaitu 2,269>2,002 yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan model pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) dengan pendekatan kontekstual terhadap prestasi belajar siswa kelas V SDN 5 Selebung Ketangga Tahun Pelajaran 2016 / 2017.

Keywords:
Means Ends Analysis, Pendekatan Kontekstual, Prestasi Belajar

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Qusyairi, L. A. H., & Watoni, M. S. (2017). Penggunaan Model Pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) dengan Pendekatan Pembelajaran Kontekstual. FONDATIA, 1(1), 135-143. https://doi.org/10.36088/fondatia.v1i1.92
Section
Articles