Fondatia: Jurnal Pendidikan Dasar (p-ISSN : 2656-5390 and e-ISSN : 2579-6194) has been published in Vol. 6 No. 1, Maret 2022. Our hope with the publication of this journal can help readers to provide insight, ideas, references, in the development educational innovations. Fondatia journal has been indexed by Sinta, DOAJ, EBSCO, Dimensions, Harvard University, Boston University, and Columbia University.
Fondatia Journal, is an interdisciplinary publication of original research and writing on elementary education. This journal was published by Pendidikan Guru Madrasah Ibditaiyah (PGMI) STIT Palapa Nusantara Lombok - NTB which was published four times a year, March, June, September and December with a minimum of 5 articles. The journal aims to provide a forum for scholarly understanding of the field of education and plays an important role in promoting the process that accumulated knowledge, values, and skills. Scientific manuscript dealing with elementary education topics are particularly welcome to be submitted. The journal encompasses research articles, original research report, and scientific reviews in education in any fields including:
- Elementary Education Implementations from Various Aspect
- Education and Teacher Training
- Learning Evaluation and Strategies
Current Issue
Vol 6 No 4 (2022): DESEMBER
FONDATIA: Jurnal Pendidikan Dasar says thank you to all authors from various campuses :
- Universitas Negeri Padang
- Universitas Tanjungpura Pontianak
- Universitas Singaperbangsa Karawang
- Universitas Muhammadiyah Tangerang
- UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
- UIN Sumatera Utara Medan
- UIN Prof. KH. Saifuddin Zuhri Purwokerto
- Institut Agama Islam Negeri Takengon
- STAI Muhammadiyah Probolinggo, etc
DOI: https://doi.org/10.36088/fondatia.v6i4
Published: 2022-12-01
Articles
Analisis Gerakan Literasi Sekolah melalui Pojok Baca Siswa Kelas 4 SDN Pinang 1

794-806



Validitas Penuntun Praktikum Biologi Berbasis Pendekatan Saintifik untuk Kelas XI SMA Semester I

807-816



Penerapan Model Pembelajaran Kooparatif Tipe Make a Match dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar

817-826



Validitas Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Aplikasi Emaze tentang Materi Protista untuk Peserta Didik SMA

827-839



Penerapan Media Papan Gambar dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas 1 di MI Darul Ulum Bantaran

840-851



Metode Pengasuhan Orang Tua dalam Membentuk Karakter Religius Anak di Jorong Parit Panjang Kenagarian Lubuk Basung Kecamatan Lubuk Basung

852-861



Tranformasi Strategi Pembelajaran PAI di PTKIN Berbasis Model Pembelajaran Problem Based Learning

862-881



Peningkatan Skill Komunikasi Interpersonal Mahasiswa dalam Upgrade Kualitas Profil Lulusan

882-892



Peran Guru Taman Pendidikan Al-Qur'an Surau Balenggek Sikabu Bukit Lubuk Alung dalam Membentuk Kedisiplinan Ibadah Shalat Anak

893-913



Validitas Pengembangan Booklet Terintegrasi Potensi Lokal Kabupaten Pesisir Selatan pada Materi Plantae Kelas X SMA

914-924



Strategi Guru PAI dalam Menerapkan Kedisiplinan Shalat Siswa SD IT Mutiara Kota Pariaman

925-935



Validitas dan Keterbacaan LKPD Berbasis Model Pembelajaran Randai untuk Peserta Didik Kelas XI SMA

936-954



Konsep Pemikiran Ibnu Miskuwaihi tentang Pendidikan Akhlak dan Relevansinya dengan Dunia Pendidikan Islam di Masa Modern

955-971



Pengembangan Media Video Animasi pada Metode Inkuiri untuk Pembelajaran IPS Kelas IX SMP

972-986



Strategi Pembelajaran Guru dalam Meningkatkan Mutu Belajar Siswa di Madrasah Aliyah Negeri Karo

987-1000



Peran Edupreneurship dalam Meningkatkan Kualitas Kemandirian Berwirausaha Santri Pondok Pesantren Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta

1001-1011



Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Project Based Learning Kelas V SD Negeri 36 Pontianak Kota

1012-1027



Perbedaan Self Efficacy dan Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah PKn Berdasarkan Gender di IAIN Takengon

1028-1039



Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Motivasi Belajar PAI di SD Negeri Pasir Jaya 1 Tangerang

1040-1055



Metode Pembentukan Karakter Tanggung Jawab Santri di Taman Pendidikan Al-Qur’an Surau Balenggek Sikabu Bukit Lubuk Alung

1056-1070



Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Memperbaiki Perilaku Menyimpang Sosial Siswa di SMP Negeri 22 Padang

1071-1082



Analisis Kebutuhan LKPD Praktikum Berbasis Inkuiri Terbimbing Berbantu Teka-teki Silang pada Materi Vertebrata untuk Peserta Didik SMA

1083-1090



Problematika Pendidikan Akhlak Remaja pada Lingkungan Keluarga Petani di Kenagarian Malampah Pasaman

1091-1102



Pendekatan Bayani, Burhani dan Irfani dalam Pembentukan Mental Spiritual Siswa MTs N 2 Tanggamus Lampung

1103-1121



Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Kesulitan Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Statistik Sosial Prodi Pendidikan Agama Islam

1122-1136



Pengembangan Video Powerpoint Tutorial Dalam Pembelajaran Tematik Kelas II SD Muhammadiyah 2 Pontianak

1137-1151



Management of the Leadership of Female Principals in Optimizing Teacher Performance During the Covid-19 Pandemic

1152-1161



Efforts to Erode Dichotomies Using Integrative Learning Models in Islamic Religious Education

1162-1172



The Influence of the Use of Online Learning Media (Whatshap, Google Form and Google Meet) on Online Islamic Religious Education Learning during the Covid-19 Pandemic

1173-1181



Gerakan Persaudaraan Muslimah (Salimah) dalam Memberi Pendidikan Keluarga Kepada Masyarakat

1182-1193



Peningkatan Kemampuan Sosial Emosional Anak Kelompok B melalui Kegiatan Mendongeng di RA Hidayat Kota Probolinggo

1194-1202


