Peranan Perpustakaan terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Siswa di MA Mu'allimat Syaikh Zainuddin NW Anjani Kecamatan Suralaga Lombok Timur

Main Article Content

Ahmad Izzuddin1*

1 STIT Palapa Nusantara Lombok NTB

Abstract

Perpustakaan sekolah merupakan sesuatu unit kerja yang merupakan bagian integral dan mempunyai peranan penting bagi sekolah yang dapat mendukung tugas pokok pendidikan dan pengajaran. Bahan pustaka pada perpustakaan pada umumnya selalu memuat bahan pelajaran dan sekumpulan bahan kajian dan bahan pelajaran yang memperkenalkan konsep, pokok bahasa, tema dan nilai ciri khas agama Islam, maka perpustakaan yang ada dilingkunganya pun harus mendukung proses belajar mengajar yang menjadi bidang pengembagannya. Penelitian ini bertujuan ingin mengetahui peranan perpustakaan sekolah dan upaya petugas perpustakaan dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di MA Mu'allimat Syaikh Zainuddin NW Anjani Lombok Timur. Penelitian ini merupakan Penelitian kualitatif. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perpustakaan memiliki peranan sebagai sarana penunjang pendidikan, sumber penunjang pembinaan kurikulum, pusat kegiatan belajar mengajar, sarana penanaman dan pembinaan minat belajar siswa, pembinaan disiplin dan sebagai tempat rekreasi dan penelitian. Upaya-upaya petugas perpustakaan dalam meningkatkan prestasi belajar antara lain perpustakaan harus memiliki pengetahuan dibidang perpustakaan madrasah, dan petugas perpustakaan madrasah harus memiliki minat terhadap penyelenggaraan perpustakaan madrasah. Berdasarkan hasil penelitian yang sudah dilakukan, maka perpustakaan memegang peranan yang cukup penting dalam meningkatkan prestasi belajar siswa

Keywords:
Perpustakaan, Prestasi Belajar

Citation Metrics:





Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Izzuddin, A. (2013). Peranan Perpustakaan terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Siswa di MA Mu’allimat Syaikh Zainuddin NW Anjani Kecamatan Suralaga Lombok Timur. PALAPA, 1(2), 87-106. https://doi.org/10.36088/palapa.v1i2.728
Section
Articles