Penerapan Metode Gradasi dan Pengulangan Dapat Meningkatkan Prestasi Belajar PAI Materi Asmaul Husna pada Siswa Kelas II SDN 4 Danger Kecamatan Masbagik

  • Muhayarah Muhayarah SDN 4 Danger

Abstract

Ttujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut ingin mengetahui apakah penggunaan metode gradasi dan pengulangan dapat meningkatkan prestasi belajar pendidikan agama islam pada siswa kelas II SDN 4 Danger kecamatan Masbagik tahun pelajaran 2017/2018. Subyek penelitian adalah siswa kelas II SDN 4 Danger kecamatan Masbagik tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 25 siswa dan terdiri atas 15 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan dua siklus, dengan setiap siklusnya dilaksanakan 2 kali pertemuan. Penelitian ini dilaksanakan selama kurang lebih tiga bulan, yaitu mulai Bulan Maret sampai dengan Mei 2018. Berdasarkan hasil analisis data pada tiap siklus, terlihat bahwa hasil dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan. Pada pelaksanaan pembelajaran dan hasil analisis data siklus I, untuk aktivitas siswa diperoleh nilai rata-rata sebesar 2,9 dan aktivitas siswa pada siklus II diperoleh nilai rata-rata kelas sebesar 3,9,  Pada pelaksanaan pembelajaran dan hasil analisis data siklus I, untuk aktivitas guru diperoleh nilai rata-rata sebesar 2,7 dan aktivitas guru pada siklus II diperoleh nilai rata-rata sebesar 3,5. 

Keywords: Gradasi dan Pengulangan, Prestasi Belajar
Abstract Viewed = 739 times
Download PDF = 476 times

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-11-30
How to Cite
Muhayarah, M. (2019). Penerapan Metode Gradasi dan Pengulangan Dapat Meningkatkan Prestasi Belajar PAI Materi Asmaul Husna pada Siswa Kelas II SDN 4 Danger Kecamatan Masbagik. NUSANTARA, 1(3), 264-275. Retrieved from https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara/article/view/421
Section
Articles