Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Inside-Outside Circle (IOC) terhadap Prestasi Belajar dengan Memperhatikan Minat Belajar Matematika

Main Article Content

Lalu A. Hery Qusyairi -
Jannati Sakila -

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1). pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe inside-outside circle (IOC) terhadap prestasi belajar matematika siswa yang memiliki minat belajar tinggi (2). untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe inside-outside circle (IOC) terhadap prestasi belajar matematika siswa yang memiliki minat belajar rendah. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang menggunakan desain dua factorial. Jumlah populasinya adalah seluruh siswa kelas XI MA NW Palapa Nusantara Tahun Pelajaran 2017/2018 dengan jumlah 180 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling dengan kelas XI IPS 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 3 sebagai kelas kontrol. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket minat belajar dan tes prestasi belajar matematika. Metode pengujian hipotesis yang digunakan Uji-t dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1). nilai t hitung > ttabel yaitu thitung = 4,430 lebih besar dari pada ttabel 0.05 = 2,00484 maka H0 ditolak, yang artinya terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe inside-outside circle (IOC) terhadap prestasi belajar matematika siswa yang memiliki minat belajar tinggi (2). nilai thitung < ttabel yaitu thitung = 1,703 lebih kecil dari pada ttabel 0.05 = 2,00484 maka H0 diterima, yang artinya tidak terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe inside-outside circle (IOC) terhadap prestasi belajar matematika siswa yang memiliki minat belajar rendah.

Keywords:
Model pembelajaran, Inside-outside circle, Prestasi belajar matematika, Minat Belajar

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Qusyairi, L. A. H., & Sakila, J. (2018). Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Inside-Outside Circle (IOC) terhadap Prestasi Belajar dengan Memperhatikan Minat Belajar Matematika. PALAPA, 6(1), 34-49. https://doi.org/10.36088/palapa.v6i1.57
Section
Articles