Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Inside-Outside Circle (IOC) terhadap Prestasi Belajar dengan Memperhatikan Minat Belajar Matematika
Main Article Content
1 STIT Palapa Nusantara Lombok NTB, 2 STIT Palapa Nusantara Lombok NTB
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1). pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe inside-outside circle (IOC) terhadap prestasi belajar matematika siswa yang memiliki minat belajar tinggi (2). untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe inside-outside circle (IOC) terhadap prestasi belajar matematika siswa yang memiliki minat belajar rendah. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang menggunakan desain dua factorial. Jumlah populasinya adalah seluruh siswa kelas XI MA NW Palapa Nusantara Tahun Pelajaran 2017/2018 dengan jumlah 180 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling dengan kelas XI IPS 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 3 sebagai kelas kontrol. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket minat belajar dan tes prestasi belajar matematika. Metode pengujian hipotesis yang digunakan Uji-t dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1). nilai t hitung > ttabel yaitu thitung = 4,430 lebih besar dari pada ttabel 0.05 = 2,00484 maka H0 ditolak, yang artinya terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe inside-outside circle (IOC) terhadap prestasi belajar matematika siswa yang memiliki minat belajar tinggi (2). nilai thitung < ttabel yaitu thitung = 1,703 lebih kecil dari pada ttabel 0.05 = 2,00484 maka H0 diterima, yang artinya tidak terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe inside-outside circle (IOC) terhadap prestasi belajar matematika siswa yang memiliki minat belajar rendah.
Citation Metrics:
Downloads
Article Details
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.