Budaya Integritas pada Prodi-prodi di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan dan Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama UIN Mataram

Main Article Content

S. Ali Jadid Al Idrus -
Fathul Maujud -

Abstract

Perguruan tinggi tidak dapat berkembang dengan baik, bila hanya memfokuskan diri pada pengajaran semata dan tidak memberikan perhatian pada riset dan pengabdian masyarakat. Kenyataan ini dapat dilihat dari lulusan perguruan tinggi yang belum banyak memenuhi standar akademik yang baik, lulusan perguruan tinggi sangat terbatas penguasaan bidang ilmu yang ditekuni, profesionalisme yang rendah, dan kesadaran riset yang terbatas, telah menyebabkan mereka tidak aplicabel dan marketable. Dominasi dharma pendidikan dan pengajaran, mengecilnya riset dan pengabdian masyarakat telah menyebabkan lulusan perguruan tinggi hanya melakukan transfer pengetahuan (transfer of knowledge), sehingga kesadaran riset dan pengabdian kepada masyarakat semakin rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis budaya integritas di Prodi-Prodi di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Dan Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama UIN Mataram. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan tehnik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa budaya integritas di kedua fakultas tersebut tercermin pada: (a) keselarasan antara hati, pikiran, perkataan, dan perbuatan yang baik dan benar, (b) tekad dan kemauan untuk berbuat yang baik dan benar, (c) berpikir positif, arif, dan bijaksana dalam melaksanakan tugas dan fungsi, dan (d) mematuhi peraturan perundang-undangan, serta menolak korupsi, suap atau gratifikasi.

Keywords:
Budaya Integritas

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Al Idrus, S. A., & Maujud, F. (2018). Budaya Integritas pada Prodi-prodi di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan dan Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama UIN Mataram. PALAPA, 6(2), 75-97. Retrieved from https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/palapa/article/view/68
Section
Articles

References

A. Miller dan G. Dess, G. Strategic Manjemen, New York: McRaw Hill Companies,1996.

Andi Eko P. Pengaruh Budaya Kerja Terhadap Perilaku Kerja dan Kinerja Karyawan Pada PT. BANK Pembangunan Daerah Bayuwangi, Skripsi, Fakultas Ekonomi Universitas Jember, 2011

Anhar, Budaya Kerja Kementrian Agama, Jakarta: Kementrian Agama RI, 2015.

Arif, Mahmud. Pendidikan Islakm Transformatif, Yogyakarta: Elkis Yogyakarta, 2008.

Bodgan, Robert dan Steven J. Tailor, Dasar-Dasar Penelitian Kualitatif

Dedi, Supriadi. Kreativitas, kebudayaan, dan Perkembangan Iptek. Bandung: Alfabeta,2009.

Engkoswara, Dasar-Dasar Administrasi Negara, Jakarta: P2LPTK, 1987.

Fakry. Pengelolaan Pendidikan, Bandung: tim Dosen FIP IKIP

Idrus, Ali. Manajemen Pendidikan Global.

Kasiram, Moh. Penelitian Pendidikan dalam Perspektif Pemberdayaan Sumberdaya Manusia.

Kemenag, Pedoman Budaya Kerja, Jakarta: Kemenag, 2015. Koncoro, E. A.. Leadership. Bandung: PT. Alfabeta, 2009.

Rusdiana dan yeti Hermayati, Pendidikan Profesi Keguruan, Bandung : Pustaka Setia, 2015.

Sabila, Lubis. Pengaruh Budaya Kerja dan sikap inovatif terhadap Kinerja Guru MAN, skripsi, Fakultas Ekonomi Universitas Medan, 2012.

Sandra L. Johnson dan Sean C. Rush, Reinventing The University.

Supriyadi, Gering dan Tri Guno, Budaya Kerja Organisasi Pemerintah, Jakarta: Lembaga Administrasi Negara, 2003.

Tilaar, H. A. R. Paradigma baru Pendidikan nasional, Jakarta: Rineka cipta, 2000.