Upaya Meningkatkan Hasil Belajar PKn Materi Menjaga Keutuhan NKRI melalui Metode Bermain Peran pada Siswa Kelas V SDN 4 Lenek

Main Article Content

Kalipudin Kalipudin

Abstract

Metode Bermain Peran merupakan sebuah konsep kegiatan pembelajaran yang membantu guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran PKn pada materi Menjaga keutuhan NKRI yang diajarkan dengan berusaha memakasimalkan peran aktif siswa terutama pengetahuan yang dimilikinya dan bagaimana penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Dengan konsep itu, hasil pembelajaran diharapkan lebih bermakna bagi siswa. Proses pembelajaran berlangsung alamiah dalam bentuk kegiatan siswa bekerja dan mengalami, bukan mentransfer pengetahuan dari guru ke siswa. Kualitas pembelajaran pembelajaran lebih dipentingkan daripada hasil. Tujuan dari penelitian tindakan kelas ( PTK ) ini adalah ingin mengetahui peningkatan hasil belajar PKn materi menjaga keutuhan NKRI melalui metode bermain peran   pada siswa kelas V SDN 4 Lenek Daya Kecamatan Aikmel Tahun Pelajaran 2016/2017. Dalam penelitian tindakan kelas ( PTK ) ini dilakukan dalam 2 siklus, dari hasil tindakan yang dilakukan terbukti dapat meningkatkan ketuntasan belajar siswa secara klasikal  yaitu pada siklus I sebesar 61,2 %, dapat meningkat menjadi 87 % pada siklus II.  Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan metode bermain peran dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan ketuntasan belajar siswa pada mata pelajaran PKn dengan ketuntasan mencapai SEBUT 87  %.

Article Details

How to Cite
Kalipudin, K. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar PKn Materi Menjaga Keutuhan NKRI melalui Metode Bermain Peran pada Siswa Kelas V SDN 4 Lenek. PENSA, 1(1), 109-120. https://doi.org/10.36088/pensa.v1i1.338
Section
Articles