Upaya Mengembangkan Imajinasi Anak melalui Metode Contextual Teaching dan Learning (CTL) di TK Islam Bina Insan Kamil

Main Article Content

Hernawati Hernawati

Abstract

Penerapan Metode Contextual Teaching dan Learning (CTL) merupakan sebuah konsep kegiatan pembelajaran yang membantu guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran pada semua bidang pengembangan di TK antara lain pengembangan kognitif, seni, dan fisik motorik  dengan berusaha memakasimalkan peran aktif siswa terutama bagaimana siswa mampu melakukan kegiatan seperti yang sudah dijelaskan dan dicontohkan oleh guru. Dengan konsep itu, hasil pembelajaran diharapkan lebih bermakna bagi siswa. Proses pembelajaran berlangsung dalam bentuk kegiatan praktik langsung siswa tentang materi atau tema yang dibahas pada saat itu. Kualitas pembelajaran praktik langsung lebih dipentingkan daripada hasil. Tujuan dari penelitian tindakan kelas ( PTK ) ini adalah : 1) Untuk mengetahui pendekatan CTL dapat meningkatkan imaginasi anak kelompok A di TK .Islam Bina Insan Kamil Masbagik selatan; 2) Untuk mengetahui kondisi objektif anak kelompok A pada TK Islam Bina Kamil; 3) Penerapan contextual teaching and learning  dapat meningkatkan imaginasi anak kelompok A pada TK Islam Bina Kamil. Dalam penelitian tindakan kelas ( PTK ) ini dilakukan dalam 2 siklus, dari hasil tindakan yang dilakukan terbukti dapat meningkatkan ketuntasan belajar siswa secara klasikal  yaitu pada siklus I sebesar 70 %, dapat meningkat menjadi 90 % pada siklus II. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan metode CTL dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan ketuntasan belajar siswa pada semua bidang pengembangan TK dengan ketuntasan mencapai  90  %.

Keywords:
CTL, Imajinasi

Article Details

How to Cite
Hernawati, H. (2019). Upaya Mengembangkan Imajinasi Anak melalui Metode Contextual Teaching dan Learning (CTL) di TK Islam Bina Insan Kamil. PANDAWA, 1(1), 110-128. https://doi.org/10.36088/pandawa.v1i1.319
Section
Articles