Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca dan Menulis Permulaan dengan Menggunakan Media Permainan di TK Dharma Wanita Masbagik

Main Article Content

Hikmah Hikmah

Abstract

Media permainan  merupakan sebuah konsep kegiatan pembelajaran yang membantu guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran membaca dan menulis permulaan dengan berusaha memakasimalkan peran aktif siswa terutama bagaimana siswa mampu untuk membaca dan menulis permulaan melalui media permainan. Dengan konsep itu, hasil pembelajaran diharapkan lebih bermakna bagi siswa. Proses pembelajaran berlangsung dalam bentuk permainan yang dilakukan oleh siswa yang berhubungan dengan kegiatan membaca dan menulis permulaan. Tujuan dari penelitian tindakan kelas ( PTK ) ini adalah ingin mengetahui peningkatan kemampuan membaca dan menulis permulaan setelah diberikan binbingan kemompok yang terintegrasi dengan menggunakan media permainan siswa kelompok B pada TK Dharma Wanita Masbagik Selatan Tahun Pembelajaran 2016/2017. Dalam penelitian tindakan kelas ( PTK ) ini dilakukan dalam 2 siklus, dari hasil tindakan yang dilakukan terbukti dapat meningkatkan ketuntasan belajar siswa secara klasikal  yaitu pada siklus I sebesar 68 %, dapat meningkat menjadi 100 % pada siklus II. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan media permainan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan ketuntasan belajar siswa pada kegiatan membaca dan menulis permulaan dengan ketuntasan mencapai 100  %.

Keywords:
Media Permainan, Kemampuan Membaca dan Menulis

Article Details

How to Cite
Hikmah, H. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca dan Menulis Permulaan dengan Menggunakan Media Permainan di TK Dharma Wanita Masbagik. PANDAWA, 1(1), 93-109. https://doi.org/10.36088/pandawa.v1i1.318
Section
Articles