Meningkatkan Kemampuan Menjawab Pertanyaan Konkrit melalui Media Bercerita pada PAUD Terpadu Al – Ijtihad Danger

  • Yuliani Yuliani PAUD Terpadu Al – Ijtihad Danger

Abstract

Subyek penelitian adalah anak kelompok B TK Islam Al-Ijtihad Danger kecamatan Masbagik kabupaten Lombok Timur tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 15 anak dan terdiri atas 9 anak laki-laki dan 6 anak perempuan dengan usia rata-rata 4-5 tahun. Penelitian ini dilaksanakan di kelompok B TK Islam Al-Ijtihad Danger kecamatan Masbagik kabupaten Lombok Timur yang merupakan tempat tugas peneliti dimana TK ini berada di Danger Selatan Desa Danger Kecamatan Masbagik. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan dua siklus, dengan setiap siklusnya dilaksanakan 2 kali pertemuan. Penelitian ini dilaksanakan selama kurang lebih tiga bulan, yaitu mulai Bulan Pebruari  sampai dengan April 2017. Adapun yang menjadi indikator keberhasilan penelitian tindakan kelas ini adalah pencapaian prestasi anak dengan ketentuan sebagai berikut: Keberhasilan penelitian ini dilihat dari prestasi belajar mencapai ketuntasan klasikal yaitu jika   85% anak  mendapat skor minimal bintang 3. Berdasarkan hasil analisis data pada tiap siklus, terlihat bahwa hasil dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan. Pada pelaksanaan pembelajaran dan hasil analisis data siklus I, untuk aktivitas anak diperoleh skor ketuntasan klasikal sebesar 46,66% dan meningkat pada siklus II menjadi  86,66%. Pada pelaksanaan pembelajaran dan hasil analisis data siklus I, untuk aktivitas guru diperoleh nilai rata-rata sebesar 3  dan aktivitas guru pada siklus II diperoleh nilai rata-rata sebesar 3,7.

Keywords: Kemampuan Menjawab, Media Bercerita
Abstract Viewed = 1074 times
Download PDF = 1249 times

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-09-02
How to Cite
Yuliani, Y. (2019). Meningkatkan Kemampuan Menjawab Pertanyaan Konkrit melalui Media Bercerita pada PAUD Terpadu Al – Ijtihad Danger. PANDAWA, 1(1), 77-92. Retrieved from https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pandawa/article/view/317
Section
Articles