Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Angka melalui Media Kartu Angka pada Kelompok A TK PGRI 09 Kotaraja Kecamatan Sikur

  • Baiq Salihan TK PGRI 09 Kotaraja

Abstract

Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah: ingin mengetahui peningkatan kemampuan mengenal angka  melalui permainan media  kartu angka pada kelompok “A” di Taman Kanak-Kanak Kotaraja  Kec.Sikur pada tahun 2016/2017. Subyek penelitian adalah anak kelompok  A TK PGRI 09 Kotaraja  kecamatan Sikur kabupaten Lombok Timur tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 29 anak dan terdiri atas 18 anak laki-laki dan 11 anak perempuan dengan usia rata-rata 5 tahun. Penelitian ini dilaksanakan di kelompok A TK PGRI 09 Kotaraja kecamatan Sikur kabupaten Lombok Timur yang merupakan tempat tugas peneliti dimana TK ini berada di lingkungan SDN 01 Kotaraja dan berbatasan dengan sebelah utara rumah penduduk,selatan SDN 01 Kotaraja dan sebelah timur jalan Hj Rawi. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan dua siklus, dengan setiap siklusnya dilaksanakan 3 kali pertemuan. Penelitian ini dilaksanakan selama kurang lebih tiga bulan, yaitu mulai Bulan Pebruari  sampai dengan April 2017. Berdasarkan hasil penelitian dapat di simpulkan bahwa Penerapan Media KartuAngkadapat meningkatkan aktivitas dan kemampuan mengenal angka Melalui Kegiatan  media kartu angka pada anak kelompok A di PGRI 09 Kotaraja TK. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari perolehan nilai skor aktivitas anak, aktivitas guru dan nilai rata-rata kelas serta tingkat ketuntasan secara klasikal pada tiap siklus mengalami peningkatan pada siklus I maupun siklus II.

Keywords: Kognitif, Lambang Bilangan, Model Kereta Api
Abstract Viewed = 1019 times
Download PDF = 4685 times

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-09-02
How to Cite
Salihan, B. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Angka melalui Media Kartu Angka pada Kelompok A TK PGRI 09 Kotaraja Kecamatan Sikur. PANDAWA, 1(1), 40-57. Retrieved from https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pandawa/article/view/315
Section
Articles