Peningkatkan Kemampuan Kognitif dalam Mengenal Lambang Bilangan melalui Media Model Kereta Api
Abstract
Tujuan kegiatan Penelitian Tindakan Kelas ini adalah untuk mengetahui Peningkatan Kemampuan Kognitif dalam mengenal lambang bilangan melalui media Model kereta api pada kelompok A TK Daruttaqwa NW Aikmel Kecamatan Aikmel Tahun Pelajaran 2016 / 2017. Subyek penelitian adalah anak kelompok A1 TK Daruttaqwa NW Aikmel kecamatan Aikmel kabupaten Lombok Timur tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 18 anak dan terdiri atas 10 anak laki-laki dan 8 anak perempuan dengan usia rata-rata 4-5 tahun. Penelitian ini dilaksanakan di kelompok A TK Daruttaqwa NW Aikmel kecamatan Aikmel kabupaten Lombok Timur yang merupakan tempat tugas peneliti dimana TK ini berada di Jalan Koperasi No.91 Aikmel. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan dua siklus, dengan setiap siklusnya dilaksanakan 2 kali pertemuan. Penelitian ini dilaksanakan selama kurang lebih tiga bulan, yaitu mulai Bulan Pebruari sampai dengan April 2017. Penerapan Media model Kereta Api dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak dalam mengenal lambang bilangan pada anak kelompok A di TK. Daruttaqwa NW Aikmel kecamatan Aikmel Tahun Pelajaran 2016/2017. Penerapan Media model Kereta Api dapat meningkatkan aktivitas belajar anak pada kelompok A di TK. Daruttaqwa NW Aikmel Kecamatan Aikmel Tahun Pelajaran 2016/2017 yang dapat dilihat dari peningkatan aktivitas belajar dari siklus I sampai dengan siklus II, dari kategori kurang menjadi kategori baik pada siklus II.
Downloads
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.