Peningkatkan Kemampuan Kognitif dalam Mengenal Lambang Bilangan melalui Media Model Kereta Api

Main Article Content

Baiq Nurul Muliani

Abstract

Tujuan kegiatan Penelitian Tindakan Kelas ini adalah untuk mengetahui Peningkatan Kemampuan Kognitif  dalam mengenal lambang bilangan  melalui media Model kereta api pada kelompok A TK Daruttaqwa NW Aikmel  Kecamatan Aikmel Tahun Pelajaran 2016 / 2017. Subyek penelitian adalah anak kelompok A1 TK Daruttaqwa NW Aikmel kecamatan  Aikmel kabupaten Lombok Timur tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah  18 anak dan terdiri atas 10 anak laki-laki dan 8 anak perempuan dengan usia rata-rata 4-5 tahun. Penelitian ini dilaksanakan di kelompok  A TK Daruttaqwa NW Aikmel kecamatan Aikmel kabupaten Lombok Timur yang merupakan tempat tugas peneliti dimana TK ini berada di Jalan Koperasi No.91 Aikmel. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan dua siklus, dengan setiap siklusnya dilaksanakan 2 kali pertemuan. Penelitian ini dilaksanakan selama kurang lebih tiga bulan, yaitu mulai Bulan Pebruari  sampai dengan April 2017. Penerapan Media model Kereta Api dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak  dalam mengenal lambang bilangan pada anak kelompok A di  TK. Daruttaqwa NW Aikmel kecamatan Aikmel Tahun Pelajaran 2016/2017. Penerapan Media model Kereta Api dapat meningkatkan aktivitas belajar  anak pada   kelompok A di  TK. Daruttaqwa NW Aikmel Kecamatan Aikmel  Tahun Pelajaran 2016/2017 yang dapat dilihat dari peningkatan aktivitas belajar dari siklus I sampai dengan siklus II, dari kategori kurang  menjadi kategori baik  pada siklus II.

Keywords:
Kognitif, Lambang Bilangan, Model Kereta Api

Article Details

How to Cite
Muliani, B. N. (2019). Peningkatkan Kemampuan Kognitif dalam Mengenal Lambang Bilangan melalui Media Model Kereta Api. PANDAWA, 1(1), 20-39. https://doi.org/10.36088/pandawa.v1i1.314
Section
Articles