Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak dalam Mengenal Benda-benda di Lingkungan melalui Permainan Kartu Angka 1 Sampai 20

Main Article Content

Hidayah Solihin

Abstract

Permaian kartu angka  merupakan sebuah konsep kegiatan pembelajaran yang membantu guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran Lingkup perkembangan Kognitif  pada materiMengenal benda dilingkungan  dengan berusaha memakasimalkan peran aktif siswa terutama bagaimana siswa mampu melakukan gerakan praktik seperti yang sudah dijelaskan dan dicontohkan oleh guru. Dengan konsep itu, hasil pembelajaran diharapkan lebih bermakna bagi siswa. Proses pembelajaran praktik berlangsung dalam bentuk kegiatan praktik siswa tentang materi yang dibahas pada saat itu. Kualitas pembelajaran praktik lebih dipentingkan daripada hasil. Tujuan dari penelitian tindakan kelas ( PTK ) ini adalah mengetahui peningkatan kemampuan Kognitif anak  melalui bermain  kartu gambar  pada kelompok B TK  Pertiwi selong   Kecamatan Selong   Tahun 2016-2017 Dalam penelitian tindakan kelas ( PTK ) ini dilakukan dalam 2 siklus, dari hasil tindakan yang dilakukan terbukti dapat meningkatkan ketuntasan belajar siswa secara klasikal  yaitu pada siklus I sebesar 40 %, dapat meningkat menjadi 60 % pada siklus II. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan permainan kartu angka dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan ketuntasan belajar siswa pada lingup perkembangan kognitif dalam mengenal benda dilingkungan  dengan ketuntasan mencapai 100  %.

Keywords:
Permaian Kartu Angka, Kognitif

Article Details

How to Cite
Solihin, H. (2019). Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak dalam Mengenal Benda-benda di Lingkungan melalui Permainan Kartu Angka 1 Sampai 20. EDISI, 1(1), 134-154. https://doi.org/10.36088/edisi.v1i1.330
Section
Articles