Pemanfaatan Metode Bermain Peran dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Kelompok B TK Negeri Pembina Selong

Main Article Content

Rohliana Rohliana

Abstract

Metode Bermain Peran merupakan sebuah konsep kegiatan pembelajaran yang membantu guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran praktik kemampuan berbahasa  pada materi Kemampuan Berbicara Anak dengan berusaha memakasimalkan peran aktif siswa terutama bagaimana siswa mampu melakukan gerakan praktik seperti yang sudah dijelaskan dan dicontohkan oleh guru. Dengan konsep itu, hasil pembelajaran diharapkan lebih bermakna bagi siswa. Proses pembelajaran praktik berlangsung dalam bentuk kegiatan praktik siswa tentang materi yang dibahas pada saat itu. Kualitas pembelajaran praktik lebih dipentingkan daripada hasil. Tujuan dari penelitian tindakan kelas ( PTK ) ini adalah Untuk Mengetahui Peningkatan Kemampuan Berbicara Anak Pada Kelompok B5 Melalui Metode Bermain Peran Pada TK Daruttaqwa NW Aikmel Kecamatan Aikmel Tahun Pelajaran 2016/2017. Dalam penelitian tindakan kelas ( PTK ) ini dilakukan dalam 2 siklus, dari hasil tindakan yang dilakukan terbukti dapat meningkatkan ketuntasan belajar siswa secara klasikal  yaitu pada siklus I sebesar 66,6666 %, dapat meningkat menjadi 93,3333 % pada siklus II. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan Metode Bermain Peran dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan ketuntasan belajar siswa pada bidang pengembangan bahasa dengan ketuntasan mencapai 93,3333 %.

Keywords:
Metode Bermain Peran, Kemampuan Berbicara Anak

Article Details

How to Cite
Rohliana, R. (2019). Pemanfaatan Metode Bermain Peran dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Kelompok B TK Negeri Pembina Selong. EDISI, 1(1), 75-98. https://doi.org/10.36088/edisi.v1i1.327
Section
Articles