Penerapan Model Pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Divisions) dalam Meningkatkan Prestasi Belajar PAI pada Siswa Kelas II SDN 1 Setanggor

  • Sahman Sahman SDN 1 Setanggor

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengetahui apakah penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) dapat meningkatkan prestasi belajar pendidikan agama islam pada siswa kelas II SDN 1 Setanggor kecamatan Sukamulia tahun pelajaran 2018/2019. Subyek penelitian adalah siswa kelas II SDN 1 Setanggor kecamatan Sukamulia tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 25 siswa dan terdiri atas 15 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan di kelas II SDN 1 Setanggor kecamatan Sukamulia tahun pelajaran 2018/2019 yang merupakan tempat tugas peneliti.Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan dua siklus, dengan setiap siklusnya dilaksanakan 2 kali pertemuan. Penelitian ini dilaksanakan selama kurang lebih tiga bulan, yaitu mulai Bulan Maret sampai dengan Mei 2018. Berdasarkan hasil analisis data pada tiap siklus, terlihat bahwa hasil dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan. Pada pelaksanaan pembelajaran dan hasil analisis data siklus I, untuk aktivitas siswa diperoleh nilai rata-rata sebesar 2,9 dan aktivitas siswa pada siklus II diperoleh nilai rata-rata kelas sebesar 3,9,  Pada pelaksanaan pembelajaran dan hasil analisis data siklus I, untuk aktivitas guru diperoleh nilai rata-rata sebesar 2,7 dan aktivitas guru pada siklus II diperoleh nilai rata-rata sebesar 3,5. 

Keywords: Model Pembelajaran, STAD, Prestasi Belajar
Abstract Viewed = 725 times
Download PDF = 703 times

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-12-26
How to Cite
Sahman, S. (2019). Penerapan Model Pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Divisions) dalam Meningkatkan Prestasi Belajar PAI pada Siswa Kelas II SDN 1 Setanggor. BINTANG, 1(3), 315-329. Retrieved from https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang/article/view/451
Section
Articles