Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Penjumlahan dan Pengurangan melalui Penggunaan Media Kongkrit

Main Article Content

Baiq Halimah

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan menerapkan penggunaan media kongkrit dalam rangka meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan merupakan sebuah konsep kegiatan pembelajaran yang membantu guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran matematika materi penjumlahan dan pengurangan yang diajarkan dengan berusaha memaksimalkan peran aktif siswa terutama pengetahuan yang dimilikinya dan bagaimana penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini dilaksanakan di kelas I SD Negeri 1 Aikmel kecamatan Aikmel kabupaten Lombok Timur yang merupakan tempat tugas peneliti dimana sekolah ini beralamat di jalan Segara Anak no. 27 Aikmel Lombok Timur. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan dua siklus, dengan setiap siklusnya dilaksanakan 2 kali pertemuan. Penerapan media benda kongkrit dapat meningkatkan aktivitas belajar para siswa pada mata pelajaran matematika materi penjumlahan dan pengurangan siswa kelas 1 semester II sekolah dasar negeri 1 aikmel Tahun Pelajaran 2016/2017 yang dapat dilihat dari peningkatan aktivitas belajar dari siklus I sampai dengan siklus II, dari kategori kurang aktif dengan nilai rata-rata 3,5 sampai dengan kategori sangat aktif dengan nilai rata-rata 4,5. Hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi penjumlahan dan pengurangan kelas 1 semester II di Sekolah dasar Negeri 1 Aikmel Tahun Pembelajaran 2016/2017 mengalami peningkatan pada setiap siklus dengan persentase ketuntasan secara klasikal masing-masing siklus yaitu siklus I sebesar 36 % danĀ  siklus II sebesar 88 % berarti ada kenaikan 52 %.

Keywords:
Media Kongkrit, Hasil Belajar, Matematika

Article Details

How to Cite
Halimah, B. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Penjumlahan dan Pengurangan melalui Penggunaan Media Kongkrit. BINTANG, 1(2), 54-67. https://doi.org/10.36088/bintang.v1i2.268
Section
Articles