Dinamika Kelompok sebagai Alternatif Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Kemandirian , Partisipasi dan Prestasi Belajar Siswa

Main Article Content

Muhammad Juaini1

1 SMAN 3 Selong

Abstract

Tujuan penulisan ini adalah untuk mengetahui apakah dalam menerapkan Dinamika kelompok dapat meningkatkan angka kemandirian, dan prestasi belajar kelas X IPS-1 semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019 di SMA Negeri 3 Selong dapat meningkat. Penulisan ini melibatkan 32 orang siswa yang dilaksanakan berdarkan SK pembagian Tugas Tp 2018/2019. Pengumpula Data dilakukan dengan pengamatan, foto-foto kegiatan, kejadian dan komentar dari subyek  yang diteliti serta tes hasil belajar siswa  sebanyak tiga siklus. Hasil yang diperoleh terdapat peningkatan angka kemandirian, angka partisipasi dan prestasi belajar siswa yang cukup signifikan sehingga hasil penulisan ini layak untuk dikaji dan dijadikan sebagai alternative pembelajaran matematika.

Keywords:
Pembelajaran matematika, Prestasi belajar

Citation Metrics:





Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Juaini, M. (2019). Dinamika Kelompok sebagai Alternatif Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Kemandirian , Partisipasi dan Prestasi Belajar Siswa. ISLAMIKA, 1(1), 65-77. https://doi.org/10.36088/islamika.v1i1.154
Section
Articles