ISLAMIKA: Jurnal Keislaman dan Ilmu Pendidikan (p-ISSN : 2656-5382 and e-ISSN : 2656-0224) has been published in Vol. 4 No. 2, April 2022. Our hope with the publication of this journal can help readers to provide insight, ideas, references, in the development education innovations. Islamika journal has been indexed by SINTA, Crossref, Web of Science, Dimensions, Garuda, Google Scholar, Moraref, Base, and WikiData.
Islamika Journal has authors from 2 countries (Indonesia, and Malaysia).
Islamika Journal is an interdisciplinary publication of original research and writing on islamic studies and education . This journal was published by Pendidikan Agama Islam (PAI) STIT Palapa Nusantara Lombok - NTB which was published four times a year, January, April, July and October with a minimum of 5 articles. The journal aims to provide a forum for scholarly understanding of the field of education and plays an important role in promoting the process that accumulated knowledge, values, and skills. Scientific manuscript dealing with Islamic studies and education science topics are particularly welcome to be submitted. The journal encompasses research articles, original research report, and scientific reviews in education in any fields including:
- Education, which includes materials, curriculums, methods, strategies, media, design, psychology, and evaluation;
- Learning content of Islamic Education includes learning of al-Qur'an Hadith, Akidah Akhlak, Fiqh, and History of Islamic Culture;
- Science integration in learning of Islamic Education.
Editorial Team invites academics, lecturers and researchers to contribute according to the scope above. Articles can be submitted online, by registering as a author (Online Submissions). Every article that goes to the editorial staff will be selected through Peer Review Processes. This journal is an open access journal which means that all freely available content is used. Users are permitted to read, download, copy, distribute, print, search, or cite to the full text of the article, or use it for other legitimate purposes, without asking permission from the publisher or author.
Current Issue
Vol 6 No 3 (2024): JULI
Islamika: Jurnal Keislaman dan Ilmu Pendidikan says thank you to all authors from various campuses:
- Universitas Sriwijaya
- Universitas Sunan Giri Surabaya
- Universitas KH. A. Wahab Hasbullah Jombang
- Universitas Singaperbangsa Karawang
- Universitas PGRI Argopuro Jember
- Universitas Muhammadiyah Purwokerto
- Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara
- Univesitas Pendidikan Indonesia
- Universitas Nusa Cendana
- UIN Sunan Gunung Djati Bandung
- UIN Imam Bonjol Padang
- UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
- UIN Profesor K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto
- UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
- UIN Raden Mas Said Surakarta
- UIN Alauddin Makassar
- Institut Studi Islam Muhammadiyah Pacitan
- IAIN Palopo
- STIT Madani Yogyakarta
DOI: https://doi.org/10.36088/islamika.v6i3
Published: 2024-07-01
Articles
Pengembangan Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Berbasis Web Kelas XIPA di SMAN 1 Enrekang
699-711
Pemanfaatan Media Grafis untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Pola Bilangan dan Konfigurasi Objek pada Peserta Didik Kelas VIII MTs Al–Mujahidi Gumukmas Jember
712-729
Pengaruh Penggunaan Android dan E-Learning terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas VII-A MTs Al Mujahidi Tembokrejo Gumukmas Jember
730-750
Pemanfaatan Media Canva untuk Membuat Label Kemasan dalam Meningkatkan Kemampuan Mendesain pada Pembelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan pada Siswa Kelas XI SMKS Perikanan dan Kelautan Jember
751-767
Pengembangan Ejakirna “E-book Jazirah Arab dan Kisah Remaja Nabi Muhammad ” untuk Pembelajaran PAI pada Siswa SD
768-781
Penerapan E-Book Kibashi pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN Rancamulya Kelas 5
782-794
Pengembangan Flipbook “Ayo Sambung” untuk Mengenalkan Huruf Hijaiyah Bersambung pada Pembelajaran PAI Kelas 2 SD
795-809
Implementasi Program Market Day untuk Menumbuhkan Karakter Kewirausahaan Santri Kuttab
810-822
Pengaruh Lingkungan Sekolah, Perhatian Orang Tua dan Kebiasaan Belajar Siswa SMA Negeri 1 Ketapang
823-839
Faktor-faktor yang Mempengaruhi Loyalitas Donatur dalam Membayar ZIS pada LAZ Al Azhar Sul-Sel : Moderasi Kepercayaan
840-859
Implementasi Kegiatan Sadar Baca dan Tulis (SABTU) dalam Meningkatkan Literasi Santri di Pondok Pesantren Mamba’ul Hikmah Ponorogo
860-872
Pengaruh Media Sosial, Aksebilitas dan Fasilitas Islami terhadap Minat Berkunjung Ke Wisata Pulau Larea-Rea Kabupaten Sinjai dengan Kepercayaan sebagai Variabel Moderating
873-888
Strategi Manajemen Kurikulum dalam Pengendalian Mutu Lulusan di Madrasah Muallimin Muallimat Bahrul Ulum Tambakberas Jombang
889-911
Implementasi Amaliyah Aswaja untuk Meningkatkan Sikap Religius Siswa di SD Islamiyah Magetan
912-926
Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis SAC Materi Adab terhadap Orang Tua dan Guru
927-937
Peran Media Sosial dalam Pelajaran IPS Kelas V di MI Ma’arif NU 1 Ajibarang Wetan
938-950
Analisis Pembelajaran PAI melalui Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di SMPN 1 Kabuh
951-969
Penggunaan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Kemampuan Memahami Isi Teks Narasi pada Siswa Kelas IV SD
970-980
Manajemen Sarana dan Prasarana Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di MTs Al-Ihsan Kalikejambon Tembelang Jombang
981-1002
Pemanfaatan Media Pembelajaran di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 1 Sumbang
1003-1014
Peranan Guru PAI dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik pada Era 5.0 di SMA Negeri 2 Jombang
1015-1032
Manajemen Kurikulum Merdeka dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMP Negeri 2 Ploso Jombang
1033-1048
Manajemen Kurikulum dalam Pengendalian Mutu Lulusan di MTs Ilmu Al-Qur’an Mojokrapak Jombang
1049-1069
Pengembangan Flipbook “Dukung” tentang Peduli Lingkungan sebagai Media Dakwah pada Pembelajaran PAI Kelas 6 SD
1070-1089
Pengaruh Eksistensi Ekstrakurikuler Tahfidz terhadap Kecerdasan Intelektual Peserta Didik Kelas VI MI Muhammadiyah Ngadirejan
1090-1102
Pengaruh Kondisi Ekonomi Keluarga terhadap Minat Belajar Al-Qur'an Ditinjau dari Jenjang Kelas (Penelitian di TPA Masjid ad-Dakwah)
1103-1113
Implementasi Google Form dalam Mengevaluasi Pembelajaran Akidah Akhlak Kelas XI MAN 10 Jombang
1114-1122
Pengembangan Buku Ajar PAI Berbasis Mind Mapping untuk Meningkatkan Belajar Siswa Kelas XI di SMK Plus Umar Zahid Semelo Jombang
1123-1133
Peran Orang Tua dalam Perkembangan Kognitif Anak di Sekolah Dasar di SD Negeri 1 Sumbang
1334-1344
Pembentukan Karakter Kemandirian Siswa melalui Implementasi Full Day School di SDIT Kreatif Makkah Padang
1145-1154
Peningkatan Kreativitas Siswa melalui Implementasi Profil Pelajar Pancasila Rahmatan Lil ‘Alamin (P5-PPRA) di MTSN 1 Tanah Datar
1155-1164
Efikasi diri dan Motivasi Belajar: Pengaruhnya terhadap Kemandirian Belajar Siswa MTs Bi’rul Ulum Gemurung Gedangan Sidoarjo
1165-1180
Analisis Kepuasan Peserta Didik Kelas XI di Madrasah terhadap Materi Fiqh Berbasis Konten Instagram
1181-1192
Peningkatan Kemampuan Peserta Didik Kelas XI MA Al-Bairuny Jombang pada Materi Akidah Akhlak Berbantuan Media Sosial TikTok
1193-1204
Implementasi Sistem Boarding School dalam Membentuk Kepribadian Siswa pada Yayasan Pendidikan Islam Matholi’ul Huda Troso (Madrasah Aliyah dan Madrasah Tsanawiyah)
1205-1220
Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Upaya Meningkatkan Kinerja dan Kompetensi Guru Pai di SMPN 1 Tembelang
1221-1233
Evaluasi Program Pembelajaran Kurikulum Merdeka di Ma’had Utsman bin ‘Affan Binbaz 25 Jambi
1234-1244
Penerapaan Strategi Make a Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar PLH di Kelas II Materi Lingkungan Abiotik
1245-1254
Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran FIkih Kelas X di MAN 1 Jombang
1255-1268
Pengaruh Metode Kombinasi Bayt Tamyiz dan Amtsilati dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Kitab Kuning Santri di Pondok Pesantren Al-Mushlih Teluk Jambe Timur Karawang
1269-1290
Penguatan Literasi Digital dalam Mengantisipasi Penyalahgunaan Teknologi Siswa di SDI Nurul Jadid Singosari
1291-1303
Implementation of the Problem Posing Method in Increasing Student Learning Activities in Islamic Religious Education Class VIII at SMPIT Titian Ilmu Bekasi
1304-1318
Manajemen Kurikulum dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Era Digital di MTs Al Ihsan Kalikejambon Tembelang Jombang
1319-1339
Peran Guru PAI dalam Meningkatkan Kesadaran Diri Siswa untuk Mencegah Perundungan di MA Al-Izzah Putra Kota Batu
1340-1349
The Role of High Schools in Central Kalimantan in Developing Islamic Religious Education for Adolescents: A Field Review in the Technological Era
1350-1361
Penguatan Literasi Agama sebagai Pembentukan Karakter Religius di SD Aisyiyah Kota Malang
1362-1379
Implementasi Nilai-nilai Multikulturalisme dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Kota Batu
1380-1391
Strategi Kepala Sekolah dalam Menumbuhkan Religius Culture Peserta Didik di MA Muhammadiyah 02 Kabupaten Gresik
1392-1404
Problematika Pendidikan Era Society 5.0: Dampak Penggunaan Gadget pada Karakter Peserta Didik di MIS Islamiyah Ringinanom Ngawi
1405-1415
Internalisasi Karakter Islami Berbasis Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di SMP Plus Al-Kautsar Malang
1416-1429
Penerapan Model Kooperatif Tipe Jigsaw dalam Pembelajaran IPAS untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDI Bertingkat Kelapa Lima 3
1430-1437
Pendidikan Moderasi Beragama dalam Penanaman Sikap Kerukunan antar Siswa di SMAN 8 Kota Malang
1438-1451
Pembelajaran Nahwu dengan Metode Demonstrasi sebagai Upaya Efektif Guru dalam Mencapai Tujuan Kegiatan Belajar Mengajar
1452-1464
Penerapan Model Pembelajaran Role Playing terhadap Keterampilan Berbicara Peserta Didik di SMPN 1 Ampek Angkek
1465-1473
Penerapan Model Inkuiri Terbimbing sebagai Solusi Keaktifan Peserta Didik di SMP N 01 Tiumang Dharmasraya
1474-1483