Penerapan Nilai-nilai Moderasi Al-Qur’an dalam Pendidikan Islam

  • Zaini Abdul Hanan IAI Hamzanwadi NW Lombok Timur

Abstract

Al-Qur’an telah banyak menyebutkan beberapa prinsip dan sikap moderat yang dapat diaplikasikan dalam sistem pendidikan di sekolah. Untuk mendapatkan prinsip dan nilai moderasi dalam al-Qur’an yang dapat diaplikasikan dalam sistem pendidikan di sekolah. Nilai-nilai moderasi dalam al-Qur’an terakumulasi dalam aspek keadilan, keterbukaan, kebijaksanaan dan keseimbangan. Nilai-nilai tersebut dituntut untuk selalu dijaga dan menjadi pegangan untuk mencapai universalitas Islam dalam tindakan. Pengaplikasian nilai-nilai tersebut dalam pendidikan dapat dilakukan dengan beberapa pendekatan, yakni pendekatan penanaman nilai, pendekatan perkembangan moral kognitif, pendekatan analisis nilai, pendekatan klarifikasi nilai, dan pendekatan pembelajaran berbuat. Melalui pendekatan ini, ditanamkan sikap-sikap moderat yang dapat melahirkan sikap toleran, saling menghargai, dan kasih sayang antar sesama.

Keywords: Pendidikan, Moderat, al-Qur’an, Toleransi Agama
Abstract Viewed = 1516 times
Download PDF = 1768 times

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-04-30
How to Cite
Hanan, Z. A. (2020). Penerapan Nilai-nilai Moderasi Al-Qur’an dalam Pendidikan Islam. BINTANG, 2(1), 58-67. Retrieved from https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang/article/view/775
Section
Articles