Peningkatan Keprofesionalan Guru dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MTs Arrohmaniyah NW Senyiur

Main Article Content
1 STIT Palapa Nusantara Lombok NTB
Abstract
Guru merupakan faktor terpenting dalam proses peningkatan kualitas pendidikan. Namun, guru sebagai makhluk sosial dan individual dalam kehidupannya sering mengalami hambatan dalam peningkatan kualitas tersebut. Adapun permasalahan yang timbul adalah bagaimana profesionalitas guru dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam, kendala yang dihadapi dalam peningkatan profesionalitas guru dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam, dan upaya apa saja yang dilakukan untuk meningkatkan profesionalitas guru dalam pembelajaran tersebut. Berpijak dari permasalahan tersebut, maka tujuan dari pembahasan ini adalah untuk mengetahui bagaimana peningkatan keprofesionalan guru dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Penelitian ini dilakukan di MTs Arrohmaiyah NW Senyiur Untuk mengumpulkan data digunakan beberapa metode yaitu, observasi, dokumentasi dan wawancara. Kemudian data yang telah terkumpul tersebut dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif, yakni data yang dikumpulkan berupa kata-kata atau gambaran-gambaran dan bukan angka. Hasil penelitian ini juga diharapkan berguna bagi Kepala Sekolah dan Guru di MTs Arrohmaiyah NW Senyiur yang bersangkutan maupun peneliti sendiri. Berdasarkan hasil pembahasan dan penelitian diperoleh kesimpulan sebagai berikut, kemampuan guru dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam sudah cukup professional, terbukti semua guru memiliki ijazah keguruan, memiliki pengalaman mengajar lebih dari lima tahun, selalu membuat rencana pembelajaran, metode yang digunakan bervariasi, melakukan situasi interaksi yang baik dengan siswa, dan mengadakan evaluasi. Adapun yang menjadi kendala dalam peningkatan profesionalitas guru dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam adalah padatnya jam mengajar dan tidak adanya minat untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi serta kesejahteraan guru kurang memadai. Sedangkan upaya yang dilakukan dalam peningkatan profesionalitas guru dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam adalah guru selalu menguasai kompetensi, penyediaan sarana dan prasarana, kedisiplinan dan pengawasan, rapat dan seminar.
Downloads
Article Details
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
References
Arikunto, Suharsimi, 1998, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, (Jakarta: Rineka Cipta)
UURI, Sisdiknas, (Bandung: Citra Umbara, 2003)
Poerwadarminto, S. Wojowasito, WJS, 1982Kamus Bahasa Inggris IndonesiaIndonesia Inggris (Bandung: Hasta)
Salim, Yeny Salim, 1991, Kamus Indonesia Kontemporer, Moderninglish (Jakarta: Pres)
Sadirman A. M, 1991, Interaksi dan Motifasi Belajar ( Jakarta: Rajawali Pres)
Arifin, M. 1993Kapita Selekta Pendidikan Islam dan Umum ( Jakarta:)
Marimba, Ahmad D., 1980, Pengantar Filsafat Pendidikan Islam (Bandung: Al Maarif)
Indrakusuma, Amien Daiem, 1993, Pengantar Ilmu Pendidikan (Surabaya:Usaha Nasional)
Undang-Undang Republik Indonesia, 2003, Sistem Pendidikan Nasional (Bandung: Citra Umbara)
Darajat, Zakiah, 1992, Ilmu Pendidikan Islam ( Jakarta: Bumi Aksara)
Saifullah, Ali, 1989, Antara Filsafat dan Pendidikan (Surabaya: Usaha Nasional)
Usman, Moh. Uzer, 1994, Menjadi Guru Profesiona, (Bandung: Remaja Rosda Karya..)
Tim Pembina Matakuliah Didakdik Metodik, 1981, Kurikulum PBM (Surabaya: IKIP Surabaya)
Sahertian, Piet A, 1990, Super Visi Pendidikan Dalam Rangka Program Inservice Eduacatio (Surabaya:.Usaha Nasional)
Sudjana, Nana, 1991 Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar (Bandung: Sinar Baru)
Nasution, 1962, Teknologi Pendidikan (Bandung: Jenmers)
Surakhmad, 1980, Pengantar Interaksi Mengajar Belajar, (Bandung: Tarsito)
Arif 1982, Pengantar penelitian dalam Pendidikan, (Surabaya: Usaha Nasional)
Hadi Sutrisno, 1990, Metodologi Penelitian Research II, (Yogyakarta: Andi Offset)