Upaya Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan melalui Gambar dan Simbol pada Kelompok B2 TK Dharma Wanita Kalijaga

Main Article Content

Nurhayati Nurhayati

Abstract

Gambar dan simbol merupakan sebuah konsep kegiatan pembelajaran yang membantu guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran praktik Bahasa pada materi membaca gambar dan simbolĀ  dengan berusaha memakasimalkan peran aktif siswa terutama bagaimana siswa mampu melakukan gerakan praktik seperti yang sudah dijelaskan dan dicontohkan oleh guru. Dengan konsep itu, hasil pembelajaran diharapkan lebih bermakna bagi siswa. Proses pembelajaran praktik berlangsung dalam bentuk kegiatan praktik siswa tentang materi yang dibahas pada saat itu. Kualitas pembelajaranpraktik lebih dipentingkan daripada hasil. Tujuan dari penelitian tindakan kelas ( PTK ) ini adalah Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah mengetahui peningkatan kemampuan membaca permulaan melalui gambar dan symbol pada Kelompok B2 TK Dharma Wanita Kalijaga Kecamatan Aikmel, Tahun Pelajaran 2016/2017. Dalam penelitian tindakan kelas ( PTK ) ini dilakukan dalam 2 siklus, dari hasil tindakan yang dilakukan terbukti dapat meningkatkan ketuntasan belajar siswa secara klasikalĀ  yaitu pada siklus I sebesar 76,47 %, dapat meningkat menjadi 92,12 % pada siklus II. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan Gambar dan simbol dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan ketuntasan belajar siswa pada mata pelajaran bahasa dengan ketuntasan mencapai 92,12 %.

Keywords:
Gambar dan Simbol, Kemampuan Membaca Permulaan

Article Details

How to Cite
Nurhayati, N. (2019). Upaya Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan melalui Gambar dan Simbol pada Kelompok B2 TK Dharma Wanita Kalijaga. NUSANTARA, 1(2), 128-145. https://doi.org/10.36088/nusantara.v1i2.254
Section
Articles