Peningkatan Prestasi Belajar Penjaskes Materi Bola Voli melalui Penggunaan Metode Pembelajaran Demonstrasi

Main Article Content

Zakaria Zakaria

Abstract

Melalui Penggunaan Methode Pembelajaran Demonstrasi merupakan sebuah konsep kegiatan pembelajaran yang membantu guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran praktik Penjaskes pada materi Materi Bola Voli dengan berusaha memakasimalkan peran aktif siswa terutama bagaimana siswa mampu melakukan gerakan praktik seperti yang sudah dijelaskan dan dicontohkan oleh guru. Dengan konsep itu, hasil pembelajaran diharapkan lebih bermakna bagi siswa. Proses pembelajaran praktik berlangsung dalam bentuk kegiatan praktik siswa tentang materi yang dibahas pada saat itu. Kualitas pembelajaran praktik lebih dipentingkan daripada hasil. Tujuan dari penelitian tindakan kelas ( PTK ) ini adalah Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah ingin mengetahui. peningkatan Prestasi belajar Penjaskes Materi  Bola Voli Melalui Penggunaan Methode Pembelajaran Demonstrasi Pada Siswa Kelas IV SDN 8 Aikmel, Kecamatan Aikmel Tahun Pelajaran 2016/2017.Dalam penelitian tindakan kelas ( PTK ) ini dilakukan dalam 2 siklus, dari hasil tindakan yang dilakukan terbukti dapat meningkatkan ketuntasan belajar siswa secara klasikal  yaitu pada siklus I sebesar 78 %, dapat meningkat menjadi 89 % pada siklus II. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan Penggunaan Methode Pembelajaran Demonstrasi dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan ketuntasan belajar siswa pada mata pelajaran PENJASKES dengan ketuntasan mencapai 89  %.

Keywords:
Metode Pembelajaran Demonstrasi, Prestasi Belajar

Article Details

How to Cite
Zakaria, Z. (2019). Peningkatan Prestasi Belajar Penjaskes Materi Bola Voli melalui Penggunaan Metode Pembelajaran Demonstrasi. NUSANTARA, 1(2), 34-48. https://doi.org/10.36088/nusantara.v1i2.246
Section
Articles