Peningkatan Hasil Belajar Matematika melalui Model Pembelajaran Discovery Learning di Kelas I SD Negeri 3 Kalijaga

Main Article Content

Misnun Misnun

Abstract

Model pembelajaran Discovery Learning merupakan sebuah konsep kegiatan pembelajaran yang membantu guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran matematika pada materi pengurutan bilangan mata pelajaran matematika tema 7 subtema 2  Kurikulum 2013 yang diajarkan dengan berusaha memakasimalkan peran aktif siswa terutama pengetahuan yang dimilikinya dan bagaimana penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Dengan konsep itu, hasil pembelajaran diharapkan lebih bermakna bagi siswa. Proses pembelajaran berlangsung alamiah dalam bentuk kegiatan siswa bekerja dan mengalami, bukan mentransfer pengetahuan dari guru ke siswa. Kualitas pembelajaran pembelajaran lebih dipentingkan daripada hasil. Tujuan dari penelitian tindakan kelas ( PTK ) ini adalah (1) Untuk mendiskripsikan peningkatkan aktivitas belajar siswa kelas I di SD Negeri 3 Kalijaga (2) Untuk mendiskripskan setelah di terapkannya peningkatkan hasil belajar siswa kelas I di SD Negeri 3 Kalijaga. Dalam penelitian tindakan kelas ( PTK ) ini dilakukan dalam 2 siklus, dari hasil tindakan yang dilakukan terbukti dapat meningkatkan ketuntasan belajar siswa secara klasikal  yaitu pada siklus I sebesar 72 %, dapat meningkat menjadi 89 % pada siklus II. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan ketuntasan belajar siswa pada mata pelajaran matematika dengan ketuntasan mencapai 89 %.

Keywords:
Hasil Belajar, Discovery Learning

Article Details

How to Cite
Misnun, M. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Matematika melalui Model Pembelajaran Discovery Learning di Kelas I SD Negeri 3 Kalijaga. NUSANTARA, 1(2), 11-19. https://doi.org/10.36088/nusantara.v1i2.244
Section
Articles