Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dalam Meningkatkan Prestasi Belajar PKn Materi Organisasi ASEAN

Main Article Content

Badaruddin Badaruddin

Abstract

Model pembelajaran tipe Jigsaw adalah sebuah konsep kegiatan pembelajaran yang membantu guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran PKn pada materi organisasi Asean yang diajarkan dengan berusaha memakasimalkan peran aktif siswa terutama pengetahuan yang dimilikinya dan bagaimana penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Dengan konsep itu, hasil pembelajaran diharapkan lebih bermakna bagi siswa. Proses pembelajaran berlangsung alamiah dalam bentuk kegiatan siswa bekerja dan mengalami, bukan mentransfer pengetahuan dari guru ke siswa. Kualitas pembelajaran pembelajaran lebih dipentingkan daripada hasil. Tujuan dari penelitian tindakan kelas ( PTK ) ini adalah Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah “ingin mengetahui peningkatan prestasi belajar PKn materi organisasi Asean melalui model pembelajaran koperatif tipe Jigsaw pada siswa kelas VI SDN 2 Lenek Kecamatan Aikmel tahun pelajaran 2016/2017”.  Dalam penelitian tindakan kelas ( PTK ) ini dilakukan dalam 2 siklus, dari hasil tindakan yang dilakukan terbukti dapat meningkatkan ketuntasan belajar siswa secara klasikal  yaitu pada siklus I sebesar 62 %, dapat meningkat menjadi 100 % pada siklus II. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran tipe Jigsaw dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan ketuntasan belajar siswa pada mata pelajaran Pkn dengan ketuntasan mencapai 100  %.

Keywords:
Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, Prestasi belajar

Article Details

How to Cite
Badaruddin, B. (2019). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dalam Meningkatkan Prestasi Belajar PKn Materi Organisasi ASEAN. NUSANTARA, 1(1), 63-74. https://doi.org/10.36088/nusantara.v1i1.231
Section
Articles