Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Tata Surya dengan Menggunakan Alat Peraga

Main Article Content

Irpan Ahyadi

Abstract

Penggunaan alat peraga merupakan sebuah konsep kegiatan pembelajaran yang membantu guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran IPA pada materi tata surya yang diajarkan dengan berusaha memakasimalkan peran aktif siswa terutama pengetahuan yang dimilikinya dan bagaimana penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Dengan konsep itu, hasil pembelajaran diharapkan lebih bermakna bagi siswa. Proses pembelajaran berlangsung alamiah dalam bentuk kegiatan siswa bekerja dan mengalami, bukan mentransfer pengetahuan dari guru ke siswa. Kualitas pembelajaran pembelajaran lebih dipentingkan daripada hasil. Tujuan dari penelitian tindakan kelas ( PTK ) ini adalah ingin mengetahui peningkatan hasil belajar IPA materi tata surya dengan menggunakan alat peraga pada siswa kelas VI SDN 6 Lenek Kecamatan Aikmel tahun pelajaran 2016/2017.Dalam penelitian tindakan kelas ( PTK ) ini dilakukan dalam 2 siklus, dari hasil tindakan yang dilakukan terbukti dapat meningkatkan ketuntasan belajar siswa secara klasikal  yaitu pada siklus I sebesar 75 %, dapat meningkat menjadi 88% pada siklus II. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan kartu pecahan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan ketuntasan belajar siswa pada mata pelajaran matematika dengan ketuntasan mencapai 88 %.

Keywords:
Alat Peraga, Hasil  Belajar

Article Details

How to Cite
Ahyadi, I. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Tata Surya dengan Menggunakan Alat Peraga. NUSANTARA, 1(1), 49-62. https://doi.org/10.36088/nusantara.v1i1.230
Section
Articles