Melalui Permainan Kartu Angka Dapat Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak dalam Mengenal Benda-benda

Main Article Content

Hasni Hasni

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan Kognitif anak mengenal benda-benda di Lingkungan melalui permainan kartu angka pada kelompok B TK Hamzanwadi Pancor tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelompok B TK Hamzanwadi Pancor. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan dari siklus I ke siklus II. Pada pelaksanaan pembelajaran dan hasil analisis data diperoleh skor ketuntasan klasikal sebesar 40% pada siklus I dan meningkat menjadi  90% pada siklus II. Aktivitas guru juga meningkat dengan nilai rata-rata 3 meningkat menjadi 4 pada siklus II. Oleh karena itu, pembelajaran melalui permainan kartu dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak mengenal benda-benda di lingkungan.

Keywords:
Kemampuan Kognitif, Kartu Angka

Article Details

How to Cite
Hasni, H. (2019). Melalui Permainan Kartu Angka Dapat Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak dalam Mengenal Benda-benda. EDISI, 1(1), 99-117. https://doi.org/10.36088/edisi.v1i1.328
Section
Articles