Peningkatan Hasil Belajar IPA melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT pada Siswa Kelas V SDN 3 Mamben Daya

Main Article Content

Lalu Aminudin

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan dengan menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Nht (Numbered Head Together) dalam rangka meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan merupakan sebuah konsep kegiatan pembelajaran yang membantu guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran IPA pada materi Hubungan Sumber Daya Alam Dengan Lingkungan, Teknologi, dan Masyarakat yang diajarkan dengan berusaha memakasimalkan peran aktif siswa terutama pengetahuan yang dimilikinya dan bagaimana penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Dengan konsep itu, hasil pembelajaran diharapkan lebih bermakna bagi siswa. Proses pembelajaran berlangsung alamiah dalam bentuk kegiatan siswa bekerja dan mengalami, bukan mentransfer pengetahuan dari guru ke siswa. Kualitas pembelajaran pembelajaran lebih dipentingkan daripada hasil. Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) ini dilakukan dengan tujuan adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA materi hubungan sumber daya alam dengan lingkungan, teknologi, dan masyarakat melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together) pada siswa kelas V SDN 3 Mamben Daya tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) ini dilakukan dalam tahapan 2 siklus, dan dari hasil tindakan yang sudah dilakukan terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa baik dari segi ketuntasan belajar siswa secara klasikalĀ  yaitu pada siklus I sebesar 70 %, dapat meningkat menjadi 93,3 % pada siklus II maupun dari segi nilai rata-rata hasil evaluasi yakni pada siklus I sebesar 71 menjadi 77,5 pada siklus II, ini berarti ada peningkatan sebesarĀ  23,3 %.

Keywords:
Pembelajaran Kooperatif, Tipe NHT, Hasil Belajar

Article Details

How to Cite
Aminudin, L. (2019). Peningkatan Hasil Belajar IPA melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT pada Siswa Kelas V SDN 3 Mamben Daya. EDISI, 1(1), 27-39. https://doi.org/10.36088/edisi.v1i1.322
Section
Articles