Kegiatan Bermain Kartu Huruf Bergambar Dapat Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Kelompok B TK Aisyiyah BA Pancor

Main Article Content

Sri Andayani

Abstract

Kartu huruf bergambar  merupakan sebuah konsep kegiatan pembelajaran yang membantu guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran kemampuan membaca   pada materi membaca permulaan  dengan berusaha memakasimalkan peran aktif siswa terutama bagaimana siswa mampu melakukan gerakan praktik seperti yang sudah dijelaskan dan dicontohkan oleh guru. Dengan konsep itu, hasil pembelajaran diharapkan lebih bermakna bagi siswa. Proses pembelajaran praktik berlangsung dalam bentuk kegiatan praktik siswa tentang materi yang dibahas pada saat itu. Kualitas pembelajaran praktik lebih dipentingkan daripada hasil. Tujuan dari penelitian tindakan kelas ( PTK ) ini adalah . mengetahu peningkatan kemampuan membaca permulaan melalui kegiatan bermain kartu huruf bergambar di kelompok B TK Aisyiyah BA Pancor kecamatan Selong Tahun 2017/2018.Dalam penelitian tindakan kelas ( PTK ) ini dilakukan dalam 2 siklus, dari hasil tindakan yang dilakukan terbukti dapat meningkatkan ketuntasan belajar siswa secara klasikal  yaitu pada siklus I sebesar 40 %, dapat meningkat menjadi 60 % pada siklus II. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan kartu huruf bergambar  dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan ketuntasan belajar siswa pada mata pelajaran kemampuan berbahasa  dengan ketuntasan mencapai  100  %.

Keywords:
Kartu Huruf Bergambar, Membaca Permulaan

Article Details

How to Cite
Andayani, S. (2019). Kegiatan Bermain Kartu Huruf Bergambar Dapat Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Kelompok B TK Aisyiyah BA Pancor. BINTANG, 1(2), 112-130. https://doi.org/10.36088/bintang.v1i2.272
Section
Articles