Melalui Pemanfaatan Gambar dan Simbol Dapat Meningkatan Kemampuan Membaca Anak di PAUD Terpadu Al-Ijtihad Danger
Abstract
Gambar dan simbol merupakan sebuah konsep kegiatan pembelajaran yang membantu guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran praktik Bahasa pada materi membaca gambar dan simbolĀ dengan berusaha memakasimalkan peran aktif siswa terutama bagaimana siswa mampu melakukan gerakan praktik seperti yang sudah dijelaskan dan dicontohkan oleh guru. Dengan konsep itu, hasil pembelajaran diharapkan lebih bermakna bagi siswa. Proses pembelajaran praktik berlangsung dalam bentuk kegiatan praktik siswa tentang materi yang dibahas pada saat itu. Kualitas pembelajaran praktik lebih dipentingkan daripada hasil. Tujuan dari penelitian tindakan kelas ( PTK ) ini adalah Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah mengetahui peningkatan kemampuan membaca permulaan melalui gambar dan symbol pada Kelompok B PAUD Terpadu Al-Ijtihad Danger Kecamatan Masbagik, Tahun Pelajaran 2016/2017. Dalam penelitian tindakan kelas ( PTK ) ini dilakukan dalam 2 siklus, dari hasil tindakan yang dilakukan terbukti dapat meningkatkan ketuntasan belajar siswa secara klasikalĀ yaitu pada siklus I sebesar 76,47 %, dapat meningkat menjadi 92,12 % pada siklus II. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan Gambar dan simbol dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan ketuntasan belajar siswa pada mata pelajaran bahasa dengan ketuntasan mencapai 92,12 %.
Downloads
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.