Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Mengurutkan Pecahan melalui Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD

Main Article Content

Rapi’i Rapi’i

Abstract

Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD merupakan sebuah konsep kegiatan pembelajaran yang membantu guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran Matematika pada materi Pecahan yang diajarkan dengan berusaha memakasimalkan peran aktif siswa terutama pengetahuan yang dimilikinya dan bagaimana penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Dengan konsep itu, hasil pembelajaran diharapkan lebih bermakna bagi siswa. Proses pembelajaran berlangsung alamiah dalam bentuk kegiatan siswa bekerja dan mengalami, bukan mentransfer pengetahuan dari guru ke siswa. Kualitas pembelajaran pembelajaran lebih dipentingkan dari pada hasil. Tujuan dari penelitian tindakan kelas ( PTK ) ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika materi mengurutkan pecahan melalui penggunaan model pembelaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas VI di SDN 2 Lenek Daya Kecamatan Aikmel Tahun Pelajaran 2016/2017. Dalam penelitian tindakan kelas ( PTK ) ini dilakukan dalam 2 siklus, dari hasil tindakan yang dilakukan terbukti dapat meningkatkan ketuntasan belajar siswa secara klasikal  yaitu pada siklus I sebesar 67,7 %, dapat meningkat menjadi 91,9 % pada siklus II.  Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan ketuntasan belajar siswa pada mata pelajaran Matematika dengan ketuntasan mencapai 91,9%.

Keywords:
Model Pembelajaran Kooperatif, Tipe STAD, Hasil Belajar

Article Details

How to Cite
Rapi’i, R. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Mengurutkan Pecahan melalui Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD. BINTANG, 1(2), 1-15. https://doi.org/10.36088/bintang.v1i2.262
Section
Articles